Cara Menyimpan Nasi Agar Tidak Basi

Terkadang kita ingin menyimpan nasi dalam waktu lama, tapi tidak ingin dihangatkan terlalu lama didalam mejikom. Dengan berbagai alasan, salah satunya ada satu anggota keluarga yang sakit tidak bisa memakan nasi dalam kondisi hangat.

Mau tidak mau kita harus mencari cara agar nasi yang kita simpan bisa tahan lama dan tidak mudah cepat basi. Ada juga kasus dimana kita sudah terlanjur menanak nasi tetapi nasi tersebut tidak jadi dimakan karena mendadak ada keperluan keluar rumah seharian dan hal tersebut juga membuat kita untuk makan diluar .

Lion Star ada tips tentang cara menyimpan nasi agar tidak mudah basi yang bisa Bunda praktikkan dirumah, berikut ulasannya:

 

meniris air dari cucian beras

1. Mencuci beras hingga bersih

Vitamin dan mineral bisa ikut hilang ketika kita mencucinya, namun jika kita tidak bersih saat mencucinya hal itu juga bisa menbuat beras cepat basi. Dianjurkan untuk mencuci beras dua kali agar kandungan didalamnya tidak banyak yang hilang.

Hindari juga untuk meremas beras dan mengaduk terlalu sering agar baras tidak hancur. Karena beras yang hancur juga bisa kehilangan banyak nilai gizi di dalamnya. Pakai Lion Star Kome Strainer agar mencuci beras lebih bersih.

 

2. Memasak dengan air yang cukup

Memasak dengan air satu ruas jari sudah menjadi patokan untuk semua orang alam memasak nasi. Jika takaran air berlebihan atau kurang, hal tersebut bisa membuat rasanya tidak enak, terlalu lembek atau kering dan tidak bisa bertahan lama.

 

aduk nasi saat sudah matang

3. Aduk nasi setelah matang

Uap air yang terperangkap dalam nasi menjadi salah satu alasan kenapa nasi menjadi cepat basi. Maka dari itu nasi yang sudah matang harus segera di aduk agar upa yang terperangkap tersebar keseluruh penjuru nasi.

 

Cara Menyimpan Nasi Agar Tidak Basi

4. Pindahkan kewadah plastik atau melamin

Cara menyimpan nasi agar tidak mudah basi adalah memindahkan ke wadah plastik atau melamin. Khususnya ketika memasak nasi dalam jumlah besar. Jika disimpan di rice cooker nasi akan bertahan dengan baik selama 3 jam hingga 1 hari. Maka jika tidak habis dan sudah dingin segera pindahkan ke wadah agar tidak basi.

Pilihlah wadah yang berlabel BPA free dan food grade. Tentunya Lion Star BW-12 Rice Bowl Basket (L) 26 cm with Cover merupakan pilihan terbaik yang sudah terbukti kualitasnya. Plihan wadahnya banyak, ada yang dengan tutup dan tanpa tutup.

 

simpan nasi di kulkas

5. Simpan sisa nasi di kulkas

Alternatif menyimpan nasi agar tahan lama kita bisa menyimpannya di kulkas. Pastikan menyimpannya di wadah tertutup agar nasi tidak menjadi sangat kering. Lion Star Fresh Sealware mempunyai banyak koleksi dengan berbagai ukuran, tenang aja tutupnya sudah terbukti rapat jadi nasi kamu tetap aman dan tidak kering.

 

Itulah beberapa produk rekomendasi dari koleksi Lion Star, dengan bentuk menarik dan ukuran yang beragam. Anda tinggal memilih sesuai selera karena produk-produknya sudah pasti menggunakan bahan kualitas bintang.

 

Lihat produk Lion Star disini:

RB-17 Oriza Rice Box 12,5 kg

BA-60 Kome Strainer

BW-12 Rice Bowl Basket (L) 26 cm with Cover

SW-19 Fresh Sealware No. 19 (580 ml)

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk Lion Star silakan mendaftarkan email Anda atau follow sosial media Lion Star atau menghubungi email: info@lionstar.co.id