Anda senang pergi piknik ataupun bepergian dan membawa makanan sendiri dari rumah? Selain lebih hemat, membawa makanan sendiri akan lebih higienis dan sehat karena kita sendiri yang membuatnya. Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana caranya agar nasi beserta makanan kita tetap hangat. Di sini lah termos nasi diperlukan. Termos ini akan mengisolasi udara di dalam ruang agar panas atau dinginnya tidak cepat keluar. Jadi nasi Anda akan tetap hangat dan pulen.

Penggunaan bahan plastik adalah salah satu yang paling banyak digunakan orang-orang. Bahan plastik lebih banyak digunakan pada termos nasi ukuran sedang dan besar, baik itu dinding bagian dalam maupun luarnya. Selain harga yang akan lebih murah, plastik menjadi salah satu pilihan nahan karena bukan penghantar panas. Dan sepanas-panasnya nasi tentu tidak akan sepanas air mendidih. Namun yang perlu diperhatikan adalah plastik yang digunakan haruslah food grade.

Lion Star pun memiliki beberapa varian termos nasi yang semuanya menggunakan bahan plastik food grade serta anti pecah. Semua termosnya juga sudah dilengkapi alas penyaring dan sendok nasi. Termos yang juga dikenal dengan sebutan rice bucket ini sering kali digunakan untuk kegiatan outdoor, pesta, dan juga warung.

Berikut adalah termos nasi yang diproduksi oleh Lion Star.

  1. Lion Star Hanami Rice/Ice Bucket

Selain fungsi utamanya untuk menjaga suhu nasi tetap hangat, Lion Star Hanami Rice/ Ice Bucket memiliki tampilan menarik. Varian warnanya ada merah, hijau muda, biru tua, dan coklat. Bentuknya dipadupadankan sehingga sedap dipandang. Termos nasi stylish ini menggunakan bahan plastik anti pecah sehingga aman dibawa bepergian.

Termos nasi ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu Lion Star I-23 Hanami Rice/ Ice Bucket 16 litres dan Lion Star I-22 Hanami Rice/Ice Bucket 12.5 litres.

  1. Aldo Rice/Ice Bucket

Berbeda dengan termos nasi umumnya yang memiliki pegangan melintang, Lion Star Aldo Rice/ Ice Bucket dibekali gagang di kedua sisinya yang menyerupai “kuping” panci. Jadi bentuknya memang dirancang untuk dibawa menggunakan dua tangan. Tutupnya pun dilengkapi pengunci sehingga lebih aman dan rapat.

Tersedia dalam dua ukuran, yaitu Lion Star I-32 Aldo Rice/ Ice Bucket 15 litres dan Lion Star I-33 Aldo Rice/ Ice Bucket 20 litres.

  1. Rice/Ice Bucket

Termos nasi ini adalah yang paling banyak varian ukurannya. Lion Star Rice/ Ice Bucket dilengkapi dinding Non CFC Polyurethane foam yang dapat mempertahankan panas atau dingin sehingga kehangatan nasi ataupun sayuran beserta lauknya tetap terjaga. Untuk memudahkan dibawa, terdapat gagang.

Berikut adalah ukuran yang tersedia, Lion Star I-3 Rice/ Ice Bucket 3.5 Litres, Lion Star I-4 Rice/ Ice Bucket 4.5 Litres, Lion Star I-5 Rice/ Ice Bucket 6 Litres, Lion Star I-6 Rice/ Ice Bucket 8 Litres, Lion Star I-7 Rice/ Ice Bucket 10 Litres, Lion Star I-8 Rice/ Ice Bucket 12.5 Litres, Lion Star I-14 Rice/ Ice Bucket 20 Litres, Lion Star I-20 Rice/ Ice Bucket 33 Litres, dan Lion Star I-21 Rice/ Ice Bucket 38 Litres.

  1. Rice/Ice Box

Jika kebanyakan termos nasi bentuknya bulat seperti tabung, Lion Star Rice/Ice Box tampil beda dengan bentuknya yang kotak. Gagangnya pun tidak hanya berfungsi sebagai pegangan, tapi juga untuk mengunci tutupnya. Saat posisi ke atas, tutup terkunci, dan saat diturunkan, tutup akan terbuka.

Varian ukurannya pun cukup banyak, yaitu Lion Star I-12 Rice/Ice Box 5 Litres, Lion Star I-13 Rice/Ice Box 6 Litres, Lion Star I-9 Rice/Ice Box 8 Litres, Lion Star I-10 Rice Box 10 litres, dan Lion Star I-11 Rice Box 12.5 litres.

TIPS MEMILIH TERMOS NASI

Saat Anda hendak membeli termos nasi, tentu jangan asal pilih dan mencari harga termurah. Termos nasi memiliki berbagai spesifikasi dengan tingkatan kualitas berbeda-beda. Dan walaupun terbuat dari plastik, termos nasi sangatlah berbeda dengan wadah nasi. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

  1. Anda harus pastikan bahwa termos nasi yang Anda pilih berdinding rangkap dan dipisahkan ruang kedap udara. Hal tersebut adalah yang membuat nasi atau makanan Anda tetap terjaga suhunya dalam waktu cukup lama. Jika tidak berdinding rangkap, maka akan sama saja dengan tempat nasi biasa.
  2. Pastikan bahan plastik yang digunakan di bagian lapisan dalam adalah plastik food grade serta tahan panas. Periksa bagian dalam ini secara mendetail, jangan sampai ada cacat bahkan sedikit berlubang.
  3. Untuk memastikannya food grade, Anda cium bagian dalam termos. Jika Anda mencium bau yang tidak enak, maka Anda jangan membeli termos itu karena tidak memenuhi kriteria untuk makanan.
  4. Pastikan konstruksi bagian luar termos kokoh dan kuat. Anda juga harus mengetes pegangannya. Bagian pegangan ini jelas harus kuat karena akan menanggung beban cukup berat, selain untuk memudahkan termos dipindahkan.
  5. Pastikan tutup termos dapat menutup sempurna. Jika tidak dapat menutup dengan rapat, suhu yang ada di dalamnya tidak akan bisa dipertahankan dengan baik. Nasi Anda akan cepat dingin.
  6. Ada kualitas, ada harga. Jangan Anda beli karena murahnya, tapi belilah karena kualitasnya. Walaupun lebih mahal, namun daya tahannya akan jauh lebih lama.

TIPS MENGGUNAKAN TERMOS NASI

Yang perlu Anda ingat adalah termos nasi fungsinya bukan sebagai produk penghangat nasi. Jadi jika Anda simpan, lama-kelamaan suhunya akan terus menurun, terlebih jika tutupnya sudah Anda buka. Berikut ada beberapa tips menggunakan termos nasi agar suhunya dapat dipertahankan secara maksimal.

  1. Setelah selesai dimasak, nasi sebaiknya Anda aduk terlebih dahulu secara merata untuk mengeluarkan uapnya. Ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya uap air secara berlebih di dalam termos yang membuat nasi Anda basah. Selain itu, nasi akan lebih pulen dan lembut jika Anda aduk terlebih dahulu.
  2. Setiap produk memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sebaiknya sebelum Anda menyimpan nasi di dalamnya, Anda baca informasi yang disertakan. Biasanya akan disebutkan berapa lama makanan dapat bertahan pada suhu tertentu.
  3. Idealnya, nasi matang disimpan dalam termos pada suhu sekitar 70 derajat celcius. Sementara jika Anda memanfaatkannya sebagai termos es, idealnya pada suhu 0 derajat celcius bahkan lebih rendah.
  4. Jika suhu berubah secara drastis dalam waktu 1-2 jam, Anda wajib cek makanan atau minuman Anda. Ada kemungkinan makanan di dalamnya sudah rusak atau termos nasi Anda yang bermasalah.
  5. Jika Anda ingin melakukan pemanasan awal dengan menuangkan air panas ke dalam termos, harap berhati-hati karena bahan plastik tidak mampu menahan air mendidih.

TIPS MERAWAT TERMOS NASI

Supaya termos nasi Anda awet, sebaiknya Anda rajin membersihkan dan merawatnya. Perawatan ini dilakukan karena termos ini adalah termos untuk menyimpan makanan, jadi kebersihan dan kualitasnya harus dijaga.

Untuk membersihkan termos nasi, Anda bisa menggunakan spons dengan sabun cuci piring cair antibakteri. Hindari penggunaan sabun krim, karena dapat meninggalkan bau sabun pada plastik. Bersihkan bagian luar dan dalam, jangan sampai ada nasi yang masih menempel di bagian dalam. Penggunaan air hangat lebih disarankan untuk mempermudah membersihkan kotoran dan sisa nasi. Ada baiknya juga Anda menggunakan spons berbeda dengan yang dipakai untuk mencuci peralatan dapur guna menjaga termos tidak berbau logam.

Selain bau plastik, termos ini mudah tertular bau makanan, terlebih setelah Anda gunakan untuk menyimpan makanan selain nasi. Dan yang pertama harus dilakukan adalah segera bersihkan setelah selesai digunakan.

Jika bau pada termos nasi Anda masih bandel dan tidak mempan menggunakan sabun cuci piring, Anda dapat menggunakan beberapa bahan lain yang efektif menghilangkan bau. Berikut adalah bahan-bahan tersebut dan sering sekali digunakan sehari-hari.

  1. Garam atau soda kue

Anda cukup menaburkan garam dapur atau soda kue satu sendok makan ke dalam termos berukuran kecil yang sudah dikeringkan. Untuk termos yang besar, tentu Anda harus menyesuaikan takarannya. Setelah itu, Anda tutup dan biarkan semalaman.

  1. Kertas koran

Jika Anda masih suka membaca koran, kertasnya dapat Anda gunakan. Anda buat gumpalan kertas koran, lalu masukkan ke dalam termos yang sudah dikeringkan. Kemudian tutup rapat beberapa lama. Setelah itu, Anda cuci kembali sebelum digunakan.

  1. Daun pandan

Bersihkan terlebih dahulu daun pandan yang sudah Anda ambil sebelum dipotong keci;-kecil lalu masukkan ke dalam termos. Tutup rapat dan biarkan semalaman. Penggunaan daun pandan ini tidak hanya menghilangkan bau tidak sedap, tapi membuat termos nasi Anda harum pandan.

  1. Cuka

Untuk termos nasi kecil, Anda tuangkan lima sendok makan cuka cair ke dalamnya. Untuk termos yang besar, tentu Anda harus menyesuaikan takarannya. Tutup rapat dan tunggu sekitar lima menit, lalu cuci bersih kembali.

Selain untuk nasi, termos jenis ini di Indonesia sering juga digunakan sebagai termos es karena fungsinya tetap sama, yaitu mempertahankan suhu di dalamnya.

Semoga artikel di atas dapat menjadi informasi yang dapat menjawab kebingungan Anda untuk membeli termos nasi. Lion Star memiliki pilihan model termos nasi menarik dengan kualitas bintang, yaitu dapat mempertahankan suhu di dalamnya dalam waktu cukup lama, menggunakan bahan plastik food grade, serta anti pecah. Anda tinggal memilih model mana yang sesuai selera Anda.

Lihat produk Lion Star disini:

I-5 Rice / Ice Bucket 6 L

I-24 Hanami Rice / Ice Bucket 20 Litre

I-32 Aldo Rice / Ice Bucket 15 Litres

I-10 Rice & Ice Box Segi 10 Ltr

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk Lion Star silakan mendaftarkan email Anda atau follow sosial media Lion Star atau menghubungi email: info@lionstar.co.id