Keberadaan nasi untuk mengisi makanan pokok rasanya “wajib” bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa “Belum dianggap makan kalau belum makan nasi”. Dan nasi ini awalnya berupa beras yang kemudian dimasak dengan memasukkan air.

Nah, karena posisinya sebagai makanan pokok, sebagian besar orang menyimpan beras dalam jumlah cukup banyak untuk persediaan. Mereka menyimpannya dalam tempat beras atau sering disebut “rice box” yang memang dirancang khusus untuk menyimpan beras.

Rice box berbahan plastik adalah salah satu yang banyak digunakan masyarakat. Penggunaan plastik berkualitas memang memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih ringan, terbebas dari karat, tidak berbau, hingga lebih ramah di kantong.

Lion Star pun menyediakan beberapa jenis tempat beras, mulai dari ukuran kecil hingga besar dengan desain berbeda, ada yang masih sederhana hingga modern dalam segi kepraktisan. Berikut adalah tempat beras Lion Star.

  1. Lion Star Oriza Box

Tempat beras Lion Star yang satu ini memiliki bentuk sederhana dan sangat praktis. Adan cukup membuka penutupnya lalu ambil beras menggunakan gelas takar. Anda juga tidak memerlukan ruang luas untuk meletakkannya. Anda bisa meletakkannya di dapur ataupun meja. Tersedia dalam dua varian ukuran, yaitu Lion Star RB-17 Oriza Box 12,5kg (355x229x270mm) dan Lion Star RB-18 Oriza Box 6,6kg (305x195x210mm).

  1. Lion Star Vella Rice Box

Jika Anda ingin tempat beras dengan kapasitas lebih besar, gunakan Lion Star Vella Rice Box yang tersedia dalam tiga varian ukuran, yaitu Lion Star RB-11 Vella Rice Box 14kg (360x300x437mm), Lion Star RB-12 Vella Rice Box 23kg (360x300x570mm), dan Lion Star RB-13 Vella Rice Box 28kg (360x300x4675mm). Rice box yang satu ini anti karat dan praktis digunakan. Terdapat penarik yang dalam sekali tarikan, beras akan keluar sekitar 150 gram ke dalam laci. Selain itu, rice box ini mudah dipindahkan karena dilengkapi roda.

  1. Lion Star Rice Box

Bagi Anda yang suka menyimpan persediaan beras dalam jumlah sangat banyak, tempat beras Lion Star yang satu ini pas karena memiliki varian hingga kapasitas 38kg. Tempat beras yang praktis ini memiliki takaran otomatis yang dapat mengeluarkan jumlah beras yang diinginkan dengan menekan tombol. Rice box ini juga anti karat dan mudah dibersihkan. Tersedia dalam tiga varian ukuran, yaitu Lion Star RB-6 Rice Box 18kg (340x282x542mm), Lion Star RB-7 Rice Box 28kg (340x282x692mm), dan Lion Star RB-8 Rice Box 38kg (340x282x842mm).

Namun yang perlu diperhatikan, walaupun rice box yang digunakan sudah berkualitas sangat baik sehingga dapat menyimpan beras dengan aman, bebas jamur, anti kutu beras, juga tidak memunculkan bau apek, Anda tetap harus merawatnya dengan benar. Hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu dapat muncul pada persediaan beras kita jika kita mengabaikan perawatannya. Kebersihan beras harus selalu kita jaga karena akan dimasak lalu dimakan. Apalagi jika Anda menyimpannya dalam jangka waktu cukup lama, hadirnya kutu menjadi salah satu masalah yang muncul, selain bau apek.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat tempat beras Lion Star:

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan pada rice box Anda adalah memastikan seluruh bagiannya Anda bersihkan dari debu dan binatang kecil. Anda bisa menggunakan lap lembab untuk membersihkan seluruh bagiannya, dilanjutkan dengan lap kering untuk memastikan rice box Anda benar-benar dalam kondisi kering.
  2. Pastikan Anda meletakkan rice box di tempat kering dan bersih. Hindari area yang berdekatan dengan aktivitas yang menggunakan air. Hal ini dilakukan untuk menghindari beras Anda menjadi lembap dan apek. Jika rice box Anda memiliki bagian yang menggunakan logam, hal ini untuk menghindari terjadinya karat.
  3. Meletakkan rice box dekat tembok adalah hal yang sebagian besar dilakukan orang. Tidak masalah jika Anda meletakkannya dekat dinding tembok. Namun yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memberi jarak 5-10cm dengan dinding untuk menghindari udara lembab yang terbentuk di sekitar rice box. Udara lembab berpotensi untuk tumbuhnya jamur.
  4. Pastikan beras yang dimasukkan kondisinya baik, seperti bersih, tidak apek, bebas jamur dan juga kutu. Selain itu, sebaiknya Anda menyimpan beras dalam rice box maksimal satu bulan, karena kualitas beras akan menurun setelah itu. Dan jangan masukkan beras baru jika di dalam rice box masih ada sisa beras sebelumnya.
  5. Jika beras sudah habis, segera bersihkan bagian dalam rice box menggunakan kain lembab yang dilanjutkan kain kering. Pastikan sudah tidak ada lagi sisa pecahan atau serbuk beras. Kemudian diamkan rice box Anda beberapa saat dalam kondisi terbuka.
  6. Untuk wadah atau gelas takar beras dan bagian luar rice box, Anda bisa cuci menggunakan air dengan sedikit sabun cuci piring. Pastikan wadah telah benar-benar kering sebelum kembali digunakan.
  7. Anda bisa membuka tutup rice box sesekali untuk mengurangi munculnya bau apek.
  8. Anda juga harus pintar-pintar mengatur kondisi ruangan agar selalu kering sehingga jamur tidak akan bertumbuh. Contohnya, Anda bisa membuka jendela atau pintu di siang hari agar udara di dalam ruangan tidak lembab dan sirkulasi udara pun akan lebih baik.

Setelah Anda merawat tempat beras Lion Star dengan baik, Anda juga dapat melakukan salah satu dari beberapa cara lanjutan untuk mencegah munculnya kutu beras.

  1. Jemur beras di bawah terik matahari
  2. Campurkan sedikit daun jeruk purut yang telah ditumbuk dengan halus
  3. Masukkan beberapa helai daun asam Jawa yang sudah bersih dan kering ke dalam rice box
  4. Masukkan beberapa batang lada kering
  5. Campurkan daun belimbing wuluh yang telah ditumbuk
  6. Letakkan beberapa cabe kering di atas beras

Nah, setelah Anda membaca artikel di atas, mari kita rajin-rajin merawat tempat beras dan pastikan kualitas beras kita tetap terjaga dengan baik. Beras yang baik tentu akan lebih baik bagi tubuh kita saat dikonsumsi. Yuk jaga kesehatan kita sebaik-baiknya, mulailah dari hal-hal kecil.

Lihat produk Lion Star disini:

RB-11 Vella Rice Box 14 kg

RB-17 Oriza Rice Box 12,5 kg

RB-7 Rice Box 28 kg

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk Lion Star silakan mendaftarkan email Anda atau follow sosial media Lion Star atau menghubungi email: info@lionstar.co.id